Rabu, 15 Februari 2017

Toyota Kenalkan Bus Bertenaga Hidrogennya

-Bus bertenaga hidrogen milik Toyota akan mengusung sumber tenaga yang sama seperti mobil masa depan hatchback Mirai siap diperkenalkan.

Toyota Kenalkan Bus Bertenaga Hidrogennya

Bus hidrogen Toyota ini dikatakan bakal menyemburkan tenaga dari sepasang motor listrik yang bisa menghasilkan sekitar 155 daya kuda dan torsi 339 Nm. Bus ini tidak bising sama sekali, nirkabil, dan menghasilkan uap air yang tidak menimbulkan polisi.

Dilansir dari leftlanenews, Kamis (27/10/2016), bus fuel-cell ini terdapat 10 tangki yang cukup untuk menampung hidrogen untuk menjelajah sekitar 200 km. Memang tidak banyak, tapi mengisi ulang tangki hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Bus berkapistas 77 penupang ini menjanjikan kota-kota besar seperti Tokyo lebih bersih dan tidak bising akan suara mesin bus yang meraung. Dengan jumlah kabel yang digunakan hanya sedikit, baterai nikel besi hydride ini bisa digunakan sebagai suplai tenaga eksternal saat bencana alam terjadi seperti tsunami atau gempa bumi karena Jepang sering mengalami hal tersebut sehingga kehadiran bus ini sangat membantu.

Teknologi fuel-cell hidrogen milik Toyota ini tidaklah murah. Harganya diperkirakan mencapai 100 juta yen. Jika dibandingkan dengan bus bertenaga konvensional berbahan bakar diesel, bus ini lebih mahal sekitar 4-5 kali lipat. Tapi eksekutif Toyota percaya setidaknya mereka bisa menjual sekitar 100 bus di 2020 saat Tokyo menjadi tuan rumah Summer Olympics.

Toyota sendiri percaya tenaga hidrogen merupakan tenaga masa depan seiring dengan Toyota yang mengembangkan alat berat bertenaga hidrogen dan juga baru mulai mendesain stasiun pengisian ulang hidrogen untuk rumah dan usaha. (dry/lth)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar